Kamis, 05 Desember 2019

Memperingati Tragedi Nduga Genap 1 thn Ibada dan Aksi Bakar Lilin.

Foto Aksi Bakar Lilin

Ibadah dan Aksi Bakar Lilin bersama untuk memperingati Tragedi Nduga berdara 04 Desember 2018 - 04 Desember 2019 tepat setahun, dan masih berlangsung Perang antar TPN-BP dan Aparat TNI-Polri hingga kini.

Ibadah dan Aksi Bakar Lilin ini dilakukan oleh seluruh Pelajar dan Mahasiswa Nduga (Termasuk Exodus Pelajar dan Mahasiswa), Kerabat, dan Media lokal Papua yang juga turut mengambil bagian bersama.

Dari kegiatan ini, kita diajak untuk mengucap syukur dalam segala hal, sambil mendoakan kebenaran yang diperjuangan oleh kita semua berdasarkan ideologi pembebasan bagi bangsa Papua Barat.

Kita juga mendoakan para pengungsi Nduga yang masih dipengunsian, juga ucapan natal untuk Ade-Ade bayi yang baru lahir di hutan. Selamat datang di Bumi Papua  yang masih penuh dengan penindasan militerisme, kolonialisme, dan kapitalisme dunia. Serta merenung akan kepergian 238 jiwa yang sudah meninggal di tempat-tempat pengungsian akibat lapar, sakit, luka tembak, luka bom, dan mati akibat pembakaran honai.

Tuntutan atau sikap yang disampaikan didepan media adalah:

Presiden Jokowi Dodo selaku panglima tertinggj negara NKRI segerah tarik TNI-POLRI, baik organik maupun non organik sekarang juga dari Nduga - Papau sebagai solusi demokrasi untuk rakyat Nduga pada khususnya, dan Papua pada umunnya; Presiden Jokowi Dodo segera memberikan akses jurnalistik nasional dan internasional di Nduga dan Papua; Dan berikan hak penentuan nasib sendiri bagi bangsa West Papua sebagai solusi penyelamatan manusia dan tanah air Papua.

Penambahan penegasan untuk Pemerintah Papua dan Pemerintah Pusat, agar jangan mengalihkan isu peristiwa Nduga yang sampai selama ini belum diselesaikan oleh negara dengan politik Daerah Otonomi Baru (DOB) dan PON 2020 di Tanah Papua.

****
CATATAN:

Tragedi Nduga Berdara tepatnya 02 Desember 2018, hanya saja diperingati pada tanggal 04 Desember karena tepat terjadinya pengungsian akibat pengiriman militer besar-besaran, penembahkan brutal, pembakaran honai-honai, pembakaran sekolah dan gereja, dan pengeboman lewat udara yang terjadi pada tanggal 04 Desember tersebut.

Asrama Ninmin, Nduga - Jayapura, 04 Desember 2019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar